Minggu, 28 Februari 2010

Telaga Sarangan


Hari libur datang juga, aku dan keluargaku merencanakan untuk berwisata ke telaga Sarangan yang terletak di kaki gunung Lawu, di kec. Plaosan, Kab. Magetan, berjarak sekitar 16 kilometer arah barat kota Magetan. Aku berangkat dari Surabaya sekitar jam 7an, sayang ga’ semua anggota keluargaku ikut. Kedua adekku yang kembar lagi sibuk sama lomba Dai di sekolahnya jadi partisipan pada acara kali ini hanya ber 4 aja, aku, mama, papa dan adekku yang paling kecil.

Setelah menempuh perjalanan ± 5 jam kami sampai juga di telaga Sarangan. Telaga Sarangan atau disebut juga telaga pasir memiliki luas sekitar 30 hektar dan berkedalaman 28 meter, dengan suhu udara antara 18 hingga 25 derajat Celsius. Kedatanganku di telaga Sarangan disambut dengan hujan lebat, wuih dingin bangedh rasanya. Berhubung belum makan dan tuntutan perut yang keroncongan kami langsung menuju warung lesehan di pinggir telaga Sarangan untuk menikmati hidangan khas telaga Sarangan yaitu Sate Kelinci. Untuk satu porsi sate kelinci isi 10 tusuk + lontong dihargai Rp. 7000,-. Tidak puas hanya dengan sate kelinci aku juga memesan wedang ronde sebagai penghangat sambil menunggu sate kelincinya di bakar. Di telaga Sarangan ini ada banyak makanan yang bisa dicicipi mulai dari sate kelinci, wedang ronde, bakso, jagung rebus, jagung bakar, kacang rebus, kikil sapi, bahkan ada juga yang jualan burger, belum lagi banyhak warung nasi bertebaran dimana-mana. Pokoke masalah konsumsi pasti teratasi.
Setelah hujan reda dan perut kenyang kami sekeluarga langsung menuju hotel untuk beristirahat. Sore harinya aku memilih untuk berjalan-jalan disekitar telaga Sarangan. Di sini terdapat banyak sekali cinderamata dan oleh-oleh khas dari telaga Sarangan. Ada tas, kaos dan juga kerajinan tangan lain hasil karya masayarakat sekitar. Ada juga bunga, buah-buahan seperti alpukat, jeruk dan bahkan sayur-sayuran hasil dari perkebunan setempat.

Selain berbelanja ria aku juga sempat menyewa speed boat untuk mengelilingi telaga Sarangan, cukup dengan Rp.40.000,- kita bisa menikmati indahnya telaga Sarangan. Bila tidak suka mengelilingi telaga Sarangan dengan speed boat bisa juga dengan menggunakan perahu angsa, asik neh buat yang lagi pacaran, biar tambah mesra he5x, atau naik kuda keliling telaga Sarangan.


Malampun telah tiba. Saatnya untuk istirahat dan mempersiapkan fisik buat besok, rencananya mau jalan-jalan ke air terjun Tirtosari …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar