Sabtu, 30 Januari 2010

Pantai Ngliyep


Pantai Ngliyep Merupakan salah satu obyek wisata yang ada di kota Malang. Lokasi Pantai Ngliyep terletak di tepi Samudera Indonesia, yang tepatnya di desa Kedungsalam kecamatan Donomulyo, sekitar 62 km di arah selatan kota Malang. Pantai ini bisa dicapai melalui Kepanjen, Sumbermanjing Kulon atau melalui Karangkates dan Donomulyo. Dari ke empat jalan itu, untuk mencapai Pantai Ngliyep jalan yang paling mudah yaitu melalui Donomulyo ataupun Kepanjen. Kondisi fisik pantai ngliyep yaitu masih merupakan perpaduan antara tebing curam yang masih dengan hutan lindung dan hamparan pasir putih di sela-selanya, serta deburan ombak yang setiap saat menerpa tebing-tebing terjal di tepian. Sehingga menambah suasana menjadi marak.
Saya awali perjalan saya ke pantai ini dari kota Malang, melewati Kepanjen, dan singgah sebentar di Sumbermanjing Kulon rumah salah satu kawan. Suasana selama perjalanan cukup menyenangkan karena melewati gunung Kombang dan hutan-hutan kecil, cuaca yang cukup cerah menambah kenyamanan dalam perjalanan ini. Setelah melepas lelah saya melanjutkan perjalanan saya ke pantai Ngliyep, kurang lebih 30 menit waktu yang dibutuhkan untuk sampai di pantai ini. Sesampainya di pantai hamparan luas pasir serta angin yang sepoi-sepoi menggugah semangat untuk menjelajahi pantai ini. Di mulai dari berjalan di pinggir pantai, bermain air laut dan juga berfoto-foto ria. Di sebelah timur pantai Ngliyep terdapat hamparan pasir yang panjangnya ± 200 m sedangkan disebelah barat terdapat sebuah pura yang sayangnya tidak sempat saya jelajahi karena terbatasnya waktu.
Pantai Ngliyep termasuk pantai yang masih ‘perawan’ atau dengan kata lain masih belum terlalu terjamah oleh tangan-tangan manusia. Masih banyak yang harus diperbaiki baik secara infrasturktur maupun pengelolaan secara professional sehingga pantai ini bisa menjadi salah satu obyek wisata unggulan sehingga dapat menambah pemasukan daerah kabupaten kota malang. Beberapa hal yang harus diperbaiki antara lain :
1.  kurangnya air bersih pada obyek wisata pantai Ngliyep, untuk saat ini dan jangka panjang masih bisa rnengandalkan sumber air tawar yaug berada diluar obyek wisata.
2.  kurangnya kebutuhan listrik di obyek wisata pantai Ngliyep, saat ini belum dapat disediakan oleh PLN. Untuk sementara hanya dapat dipenuhi dengan rnenggunakan genset (generator)
3.  tidak adanya transportasi umum dari kota malang menuju langsung ke lokasi, kondisi jalan menuju pantai Ngliyep juga perlu dilakukan adanya perbaikan.
4.  kurangnya pepohonan di area pantai karena kondisi pantai yang cukup gersang.
5. tidak adanya tempat ibadah dan daerah untuk lokasi perkemahan
Sore telah tiba saatnya untuk pulang, target selanjutnya pantai Balekambang dan permandian air panas Cangar, tinggal menunggu tanggal keberangkatan …

1 komentar: